Bukan Hanya Jadi Tempat Belanja, 5 Kampung Batik Populer Ini Juga jadi Sarana Edukasi Seru

Belum ada rencana untuk liburan selanjutnya? Kamu bisa mempertimbangkan berburu kain batik ke kampung-kampung batik. Bukan hanya jadi sentra pembuatan dan perdagangan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, tapi juga bukti cinta pada budaya asli Indonesia sekaligus sebagai sarana edukasi yang baik. Mumpung ada harga tiket pesawat murah, segera kemas kopermu dan kunjungi 6 kampung batik yang lagi ngehits berikut ini.

Kampung Batik Banten


 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah

Namanya mungkin kalah pamor dengan kampung batik di kota-kota yang ada di Jawa Tengah, tapi Kampung Batik Banten yang mulai dibangun di tahun 2002 ini punya omset yang sangat besar. Berlokasi di Jalan Bhayangkara, Kampung Kubil, Kelurahan Sumur Pecung, Serang, ada lebih dari 20 motif batik yang disediakan. 
Di antara warna-warna batik yang cenderung berwarna abu-abu soft, motif Sebakingking merupakan yang paling terkenal. Corak kain batik ini menggunakan gelar dari Sultan Maulana Hasanuddin, yang berperan besar menyebarkan agama Islam di Banten.

Kampung Batik Trusmi, Cirebon


Toko Seragam Batik

Suka dengan motif Mega Mendung, maka kamu akan dibuat kebingungan saat mendapat harga tiket pesawat murah  dan berada di Kampung Batik Trusmi, Cirebon. Bukan hanya punya warna biru dan merah tua, tapi ada berbagai kombinasi warna lainnya yang dapat disesuaikan dengan seleramu. Selain corak yang mirip awan menggumpal tersebut, ada juga motif Paksi Naga Liman yang termasuk jenis batik tulis dengan harga yang lumayan mahal.

Kampung Batik Lasem, Rembang


Batik tulis lasem

Batik tulis Lasem ini punya sejarah panjang sejak dirintis pertama kalinya oleh putri Laksamana Cheng Ho di tahun 1413. Kejayaannya sempat meredup karena tergerus kampung-kampung batik lainnya di Jawa Tengah, tapi kini kembali populer karena motif-motifnya yang identik dengan budaya Tionghoa. Mulai dari naga, ikan emas, ular, daun teratai, hingga bunga seruni.
Uniknya, walau berada dalam satu kampung, tiap perajin punya teknik dan cara yang berbeda dalam memberikan warna pada kainnya. Nggak heran jika warna-warna dominan seperti merah darah, biru tua, dan hijau tuanya dari setiap perajin batik nggak akan sama.

Kampung Batik Kauman, Solo


Wisata Yogyakarta - Panduan Wisata

Solo memang dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik berkualitas. Buat yang ingin melihat langsung pembuatannya, cari harga tiket pesawat murah ke Solo dan bisa datang ke Kampung Batik Kauman yang ada di Jalan Trisula, daerah Kauman. Selain batik cap, kini kain batik dihadirkan dengan metode tulis atau kombinasi, dengan ciri khas motif modern dan warna gelap.

Kampung Batik Ngasem, Yogyakarta


Jogja Budaya

Berburu kain batik jangan hanya ke Jalan Malioboro saja, kunjungi Kampung Batik Ngasem yang nggak pernah sepi pengunjung. Selain dapat melihat langsung pembuatan kain bermotif klasik hingga modern, kamu bisa memborong pernak-pernik bermotif batik, seperti taplak meja, tudung saji, sprei, dan tas. Jangan lupa menawan untuk mendapatkan harga yang murah, ya.
Selain bisa mendapatkan kain batik berkualitas dengan harga yang lebih murah ketimbang di toko-toko souvenir, kampung batik di berbagai daerah ini memberikan edukasi sejarah dan budaya lokal. Yuk, manfaatkan harga tiket pesawat murah untuk berlibur ke kampung-kampung batik ngehits di Indonesia.
* Gambar dari berbagai sumber
Hai, sudah baca yang ini?

1 Komentar. Tambahkan Komentar »

  1. Referensi lokasi wisata kampung batik menarik nih dikunjungi ..., pengin ikutan belajar membatik.
    Pasti berkesan ya ..

    BalasHapus