Fleksibilitas myBCA!

Perkembangan teknologi di Indonesia kian melesat. Jika kita mengingat dahulu, untuk mengakses internet saja sukar dilakukan dan membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun, rasanya semua itu sudah tidak berlaku lagi untuk saat ini. Apalagi dengan menjamurnya keberadaan smartphone, phablet, dan tablet, di kalangan anak muda, semakin memberikan kemudahan dalam hal akses internet. Interaksi dan komunikasi antar invidu maupun kelompok, dapat terhubung tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Inilah yang mengingatkan akan pengalaman pertama saya saat membuka rekening di myBCA yang terletak di Mall Ciputra World Surabaya, pada hari Jum’at, tanggal 29 Agustus 2014 lalu. Yiahaha, benar!, saya punya rekening baru, yaitu Tahapan Xpresi BCA*yeyeye. Banyak juga hal baru yang saya peroleh selama membuka rekening tersebut, dan tak sedikit pula membuat saya harus menelan ludah dalam-dalam. Sungguh, proses pembukaan rekeningnya di luar ekspektasi saya.

Jujur saja, awalnya saya gak ngeh, ketika mbak Elvina (duty officer myBCA) mengantarkan saya masuk ke dalam ruangan Tahapan Xpresi, yang memiliki luas kira-kira 1.5 x 1.5 meter. Di dalam ruangan tersebut ada satu unit perangkat yang disebut Video Banking Kiosk (VBK), lengkap dengan berbagai fitur dan kegunaannya. 

Lantas, saya mengira dia akan menjelaskan lebih jauh mengenai Tahapan Xpresi, namun lebih dari sekedar itu. Setelah dijelaskan penggunaannya, barulah saya sadar kalau dengan perangkat itulah pengajuan pembukaan rekening dilakukan. Hah?.

*) Dua ruangan untuk pembukaan rekening Tahapan Xpresi

*) Ini dia perangkat yang dimaksud (mesin VBK)

“Yah, jadi bener-bener buat sendiri nih, Mbak? Nggak ditemenin?.” tanya saya kepada Mbak Elvina. 
“Oh, nanti ada yang bantu kok, Mas.” jawab Mbak Elvina ramah.
Hah? *lalu saya pun kebingungan.

          Ternyata bener saja gitu, setelah menekan tombol, muncul seorang Customer Service (CS) cantik yang siap membantu mengarahkan saya membuka rekening Tahapan Xpresi. Ya, memang tidak ada kehadiran fisik dari CS, melainkan dengan sambungan video conference atau teleconference.

          Sensasinya gimana gitu yah, kayak agen di film-film Hollywood ketika berkomunikasi dengan partnernya, hahaha. Euum, pokoknya berbeda jauh dengan berhadapan langsung dengan CSnya, yang pada saat itu dilayani oleh Mbak Iis.

*) Video Banking dengan Mbak Iis, CS yang melayani saya:).
 Saya sendiri ada di pojok kanan bawah, tuh. Lagi jepret :D

Keren yah?, yang suka video call-an, seperti skype, YM, dan sejenisnya, pastilah makin senang dengan pelayanan seperti ini. Hahaha.

Menurut saya, prosesnya semakin memudahkan calon nasabahnya. Toh, tinggal duduk manis, menyimak, dan mengikuti arahan yang diberikan. Mulai dari bagaimana penggunaan mesinnya, hingga cara-caranya semua dijelaskan secara terperinci oleh CSnya.

“Bagaimana Pak Richo, sampai dengan tahap ini, apakah informasi yang saya berikan sudah jelas?”, begitu yang sering Mbak Iis tanyakan, sekedar memastikan saya dapat mengikuti tahapan dari prosesnya, atau sebaliknya. Sejauh yang saya peroleh, sudah jelas sekali penjelasan yang diberikan.

Ngomongin persyaratannya pun juga tidak merepotkan. Bagi yang ingin membuka rekening ini, berikut yang perlu dipersiapkan, diantaranya:

  1. Membawa identitas diri, seperti KTP/SIM
  2. Menyertakan NPWP, sebagai dokumen pendukung
  3. Setoran awal hanya Rp.50.000,-
Kalau belum punya NPWP gimana?, tenang, kita senasib! *EH, hhaha. Lah iyah, saya gitu soalnya, hihihi. Karena belum wajib pajak. Berdasarkan persyaratan yang pernah saya baca, kalau NPWP bisa diwakili milik orang tua (fotocopy).

Alhasil, saya sempat bawa ketika itu, namun kata CS, KTP saja sudah bisa diterima. Namun, nantinya setelah punya NPWP, kita disarankan untuk melakukan pembaharuan data di cabang-cabang BCA terdekat. Yuhu, pihak bank mengerti realitanya kok, bahwasanya para mahasiswa sebagian besar belum tentu memiliki NPWP. Jadi tidak perlu cemas yah, tidak akan dipersulit kok.

Syarat NPWP sendiri merupakan peraturan dari Bank Indonesia (BI). Silahkan, dapat 
dibaca melalui peraturan nomor 14/27/PBI/2012, tentang “Penerapan Program Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Bagi Bank Umum”. Terdapat pada Pasal 14.

Perlu diketahui, Tahapan Xpresi ini (awalnya) dikhususkan bagi kalangan anak muda. Seperti halnya jargon yang diusung “Saatnya Anak Muda Ber-Xpresi, Kreatif, Dinamis, dan Semakin Eksis”. Namum, seiring berjalannya waktu, kini sudah mencakup berbagai lintas usia. Tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa saja, tapi sudah mencakup orang tua, lansia dan bahkan anak di bawah umur 12 tahun pun juga dapat memiliki tabungan ini.

Engg.. yang penting sih mereka punya berjiwa muda!. Jadi biar semua bisa ikut eksis. Hehehe. Sedangkan untuk persyaratan umum dapat dilihat melalui tabel berikut ini:

*)  Capture persayaran pembukaan rekening Tahapan Xpresi.
Selengkapnya dapat di akses di sini

Sebagian besar dari proses pendaftarannya dilakukan secara elektronik. Karena sudah banyak meninggalkan cara-cara manual. Seperti pengisian formulir tidak lagi ditulis dengan pulpen, melainkan langsung diketik melalui layar full touchscreen-nya. Beberapa opsi yang dipilih juga sama, tinggal diceklis. Ampun dah, benar-benar di luar dugaan saya.

Bagi kalangan anak muda, saya yakin tidak akan menemukan kendala berarti. Jikalau ada, semua akan dibantu oleh CSnya. Jadi, tidak perlu menghawatirkan apapun. Enjoy bro, ngahaha.

Gimana, prosesnya mudah sekali, kan?. Iyah, semudah seperti kalian update status di facebook melalui smartphone, hehehe. Kalau saya beri gambaran sedikit, akan seperti ini beberapa fungsi VBKnya:

 
*) Penjelasan berdasarkan nomer

  1. Card Issue, tempat keluar kartu Paspor Xpresi-nya.
  2. Print A4, untuk print dokumen jika diperlukan
  3. Call Duty Officer, salah satu fungsi tombolnya, yaitu “Call”, dibutuhkan jika ingin memanggil duty officer untuk membantu dan mendapatkan kelengkapan berkasnya. Salah satunya memperoleh key BCA.
  4. Cash In/Out, digunakan untuk memasukkan uang sebagai saldo awal pembukaan rekening. 
  5.  Barcode Scanner, untuk scan barcode KeyBCA dalam rangka registrasi KeyBCA. 
  6. Layar Transaksi, pengisian dan input data nasabah semua di sana.
  7. ATM Card Slot, verifikasi setelah kartu ATM (Paspor Xpresi) selesai dibuat.
  8. Camera dan Layar Interaksi, untuk sarana video conference dengan pihak CS.
  9. A4 drop box, meletakkan dokumen berisi pernyataan yang harus ditandatangani secara manual (setelah melalui proses pemindaian).
  10. Scanner, untuk scan KTP/NPWP dan lembar pernyataan  yang telah ditandatangani.
  11. Signature Pad, sebagai sarana nasabah untuk tanda tangan secara elektronik.
Desain kartu Paspor Xpresi (yang berfungsi sebagai kartu ATM dan debit) nya lucu-lucu, hadir untuk memenuhi selera anak muda. Tema desain kartunya mulai dari I Love Indonesia, hingga hobi-hobi seperti Music, Sports dan Xpresi gayaku. Oh yah, tak ketinggalan untuk kalian yang suka ber-selfie, dapat memilih desain dengan foto sendiri di Paspor Xpresi-nya.

Eng, pasti banyak yang memilih yang terakhir yah?, huhaha. Penasaran dengan desain-desainnya, bisa dilihat dari gambar di bawah ini:

*)  Lebih dari 30 desain, belum termasuk desain bingkai yang 
khusus pakai foto sendiri (gambar diambil dari bca.co.id)

Lah, kamu pilih yang mana, Cho?, saya memilih yang “Xpresi gayaku”, bergambar lima robot. Padu padan warnanya elegan, seperti kue, *eh. Hahaha. Ok, begini penampakan ATM yang saya buat itu:

*) Taraaaaa, keren kan pilihan saya? *diiyain saja :P

Dengan selesainya itu, saya sudah bisa melalukan transaksi di mesin ATM. Haha, iya, iyah, saldonya masih sedikit :D. Selain itu, juga bisa memanfaatkan fasilitas e-banking. Tinggal mengunjungi klikBCA di www.klikbca.com, atau jika menggunakan smartphone, bisa mengakses melalui https://m.klikbca.com.

Untuk menggunakan KlikBCA diperlukan KeyBCA, yang berguna mengamankan transaksi finansial di KlikBCA. Kalau belum punya, otomatis hanya bisa melakukan aktifitas non finansial, seperti cek saldo dan mutasi rekening. KeyBCA seperti ini:

*) Key BCA bentuknya seperti kalkulator mini dan 
akan diberikan buku panduan, seperti yang ada di gambar di atas.

Itulah tahapan akhir yang saya lalui. Puji syukur, proses pembuatannya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti. Eh, hampir lupa, berhubung saya membuka rekening melalui video banking, jadi saya berhak mendapat souvenir  berupa jam digital.

Catat yah, souvenirnya nggak selamanya ada, loh. Buruan, selama persediaan masih ada. Kan, sekalian bisa mendapatkan ini:

*) Lumayan ditaruh di kamar kosan, hahahai

Uniknya lagi, Tahapan Xpresi ini tanpa buku tabungan, loh. Jadi kalau ingin melihat transaksi, semua dilakukan melalui internet banking (KlikBCA). Dengan begitu, nasabah sudah dapat melihat record transaksi sampai dua bulan ke belakang. Tidak perlu repot print buku tabungan segala, sudah tidak ada lagi ceritanya, hihi. Yap, tinggal mengakses melalui smartphone pun sudah bisa mengetahui informasi transaksi yang dibutuhkan. Semakin fleksibel yah.

Sampai tulisan ini dipublikasikan, masih tergambar jelas betapa serunya membuka Tahapan Xpresi di sana. Sayapun masih ingat tiap penjelasan demi penjelasan dari Ibu Lilik, beliau selaku Kabag myBCA di Mall Ciputra. Melalui penjelasan beliaulah, saya banyak mendapat pengetahuan mengenai myBCA yang terletak di lantai II, Mall Ciputra World Surabaya ini. Mulai dari keunggulan teknologi yang digunakan, fasilitas, bermacam produk dan lain sebagainya.

Di Indonesia masih ada dua lokasi, di Mall Ciputra World Surabaya dan di Mall Gandaria City Jakarta. Dengar-dengar sih, katanya dalam tahun ini akan dibuka juga di beberapa tempat baru lagi. Selama berada di myBCA sana, banyak sekali informasi yang saya peroleh karena myBCA tidak hanya melayani pembukaan Tahapan Xpresi, tetapi juga banyak layanan lainnya, seperti;

Flazz
*) Kartu Flazz BCA Indonesia Open

Kartu Flazz merupakan kartu prabayar multifungsi. Produk BCA ini berguna untuk memudahkan transaksi pembayaran. Jadi bagi pemegang kartu Flazz, dapat melakukan pembayaran dengan kartu Flazz di supermarket, minimarket, bayar parkir, tol dan masih banyak lagi. Pembelian kartu ini melalui mesin Flazz yang ada di myBCA harganya Rp. 100.000,- sudah termasuk saldo Rp.75.000 dan Rp.25.000 untuk biaya kartu.

Selanjutnya tinggal diisi ulang dengan nominal paling rendah sebesar Rp. 20.000,-, bisa melalui mesin Flazz ini atau ATM Non Tunai. Di myBCA sana ada dua unit mesin Flazz.

 
*) Vending Machine Flazz di myBCA

Halo BCA
Jika Halo BCA sebelumnya menggunakan panggilan nomor telepon, hp dan melalui media sosial -selama 24 jam non stop dan selama satu minggu penuh. Di myBCA kita juga bisa mengontak HaloBCA melalui fitur komunikasi video call. Tidak ada biaya, atau pulsa yang harus dikeluarkan karena layanan ini, GRATIS!.

Melalui teknologi ini, nasabah juga dapat menyampaikan atau ingin memperoleh informasi mengenai transaksi yang dibutuhkan. Dan dapat memperoleh solusi dari permasalahan dengan cepat.


*) Ibu Lilik sedang mendemokan Halo BCA menggunakan video banking

Information
Di sini disediakan akses komputer layar sentuh yang menginformasikan produk dan berbagai layanan yang ada. Disamping itu terdapat pula simulasi dari cicilan dan info promo BCA. Seluruh informasi yang dibutuhkan, dengan mudahnya dapat diakses, yang mana penggunaannya bak menggantikan keberadaan brosur.

Menariknya lagi, penjelasan yang ada tak hanya dapat diakses di sana saja, tapi bisa juga di-send ke email kita. Cukup menekan tombol di pojok sebelah kanan atas. Masukkan nama dan email tujuan.

*) Digital Information PC. Akses informasi semakin mudah

*) Digital Information dengan simulasi menggunakan iPad

ATM
Di myBCA terdapat pula beberapa mesin ATM bagi pengunjung yang ingin melakukan transaksi finansial. Kalau tidak keliru, di sana ada mesin auto print satu unit, penarikan tunai sebanyak 10 unit, dan setoran tunai sejumlah tiga unit.

Semua diperuntukkan bagi nasabah yang sedang berkunjung di mall tersebut, agar tepat dapat melakukan transaksi setoran dan penarikan tunai, maupun transaksi non-tunai seperti: transfer, pembelian, pembayaran, pengisian isi pulsa, registrasi m-BCA dan KlikBCA.

*) Suasana pengambilan di mesin ATM myBCA

Itulah beberapa fasilitas yang disediakan di myBCA. Pemilihan lokasi di tempat perbelanjaan di mall sangatlah strategis. Terlebih di sana dapat melayani nasabah jauh lebih lama. Karena jam pelayanannya mengikuti jam operasional mall itu sendiri, yakni mulai sekitar jam 10:00 - 22:00 WIB dan itupun selama satu minggu penuh. Khusus untuk kamu yang mau membuka Tahapan Xpresi, jam operasionalnya mulai dari jam 10:00 - 20:00 WIB.

Sebagai kawula muda, khususnya bagi para mahasiswa yang memiliki rutinitas perkuliahan padat dan beban tugas yang tidak sedikit, belum lagi ditambah kegiatan organisasi, tentu tidak mudah menyediakan waktu untuk bertransaksi perbankan di antara kesibukan tersebut. Di sinilah myBCA hadir.

Dengan dukungan teknologi yang digunakan, tidak hanya efisiensi waktu, tapi juga interaktif dan menyenangkan selama berada di sana. Memang yah, tidak akan selesai kalau diurai semuanya di sini. Yang jelas, secara keseluruhan saya puas dengan layanan yang diberikan.
Hai, sudah baca yang ini?

81 Komentar. Tambahkan juga komentarmu »

  1. Bagus banget deh artikelnya, saya baca dari awal hingga akhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mas, sudah meluangkan waktu membacanya :)

      Hapus
  2. Liputannya mantep. Nilai Jurnalistiknya 9. Kalau ikutan Giveaway bisa menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul yah Pak Asep Mas Richo pandai sekali membuat artikel sebagus ini
      Andai yang di makasud Pak Asep, pasti Blog ini pemenang nya. salam sukses :)

      Hapus
    2. Kang Asep: Hhehe, segitunya, Kang, saya masih dan ingin belajar itu. mohon bimbingannya, Kang :). haha, menang kalau pesertanya saya sendiri :D

      Mas Saud: Wua, Mas juga nih, berlebihan ah :D. pastinya, tapi seperti tadi, kalau pesertanya saya sendiri, ahahaha. salam sukses juga, Mas :)

      Hapus
  3. Tulisannya seru, betah saya baca sampai akhir... Teknologi myBCA ini jadi bikin nggak ribet dan pobia lagi berurusan dengan bank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak seru, tetap dibuat seru saja, Mas *eh, maksa :D. makasih :)
      iyah, Mas, sangat-sangat memanjakan para nasabahnya dan dengan jam operasional yang banyak, bisa jadi alternatif untuk menghindari antrian, tinggal nyuri2 waktu saja :D

      Hapus
  4. kereeen.. myBCA memang memudahkan deh

    BalasHapus
  5. mbak video call nya cantik2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huihihi, benar sekali, Mbak Nunu, jadi betah :D. Masnya juga *nah loh, haha.

      Hapus
  6. Lebih memudahkan dan nggak ribet harus ke Bank, apalagi Jakarta macet belum antri di banknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertransaksi bisa dilakukan di manapun, dan kapanpun, hhehe. Pas lagi di mall yang ada myBCAnya bisa sekalian mampir sambil sambil berbelanja ataupun makan :D

      Hapus
  7. Hahahaha..betul banget bikin mupeng kartunya bisa selfie.Anakku jadi tertarik bikin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhaha, dedek juga mau berselfie di ATMnya yah, Bun. hihi. gayanya seimut mungkin :D

      Hapus
  8. keren banget mas tulisannya,,super lengkap deh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak akan keren, kalau yang baca tidak. itu pengaruh mbak Dwinya deh, haha. kepanjangan yah, mbak :D

      Hapus
  9. Makin canggih aja nih pelayanan BCA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, benar. sejalan dengan perkembangan teknologi, Mas. menjawab kebutuhan di era digital :)

      Hapus
  10. mbak iis nya kece gan :D
    dan dari waktu ke waktu pelayanan di Bca Semakin baik dan semakin Canggir kereeennn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owhhh iyaa salam kenal yah gan dari Cinta Teknologi

      Hapus
    2. @Mas Ainnul: sepakat, hhaha :D
      benar sekali, Mas, mengutamakan pelayanan yang berkualitas, sudah mengusung kecanggihan teknologi di dalamnya :)

      @Cinta: salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
    3. kalo sepakat Toss donk :D haha

      Hapus
    4. hahaha seepp karena sudah toss berarti kita berteman :D gan itu souvenir nya kreenn yah ? :v

      Hapus
    5. Bahaha, harus tos dulu yak, ahaha. iya, itu nyala ada lampunya warna-warni, Mas. bisa pakai batre atau dicolokkan ke charger standar :D

      Hapus
    6. wihhh kerennn saya jadi mau nih :D

      Hapus
  11. Lengkap sekali Mas Richo artikel tentang MyBca nya, saya yang tadinya
    Gak tau sama sekali, berkat artikel ini jadi rada paham nih Mas. makasih
    Atas pengetahuan dari artikel ini. salam sukses dan ceria selalu Mas Richo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah curhat nggak bisa ngontrol, Mas, jadi panjang, hhohoho. wah, puji syukur, semoga ada hal baik yang bisa dipetik, yang buruk dari tulisan saya diabaikan, hhehe. begitu juga dengan Mas Saud, salam sukses dan ceria selalu juga :)

      Hapus
  12. Mau lah itu souvenirnya.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini ke kos, boleh di lihat. kalau pegang, berarti membeli *eh. hhaha :P

      Hapus
  13. saya paling suka layanan bca, mudah aplikasinya

    sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mbak, memanjakan nasabahnya, jadi betah :)

      Sukses selalu juga.

      Hapus
  14. BCA memang bikin mudah segala urusan ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, Mas Purnomo, semakin memudahkan dalam bertransaksi, Mas :)

      Hapus
  15. Mantap surantap Mas Richo, laporannya lengkap banget, sayang ngga berani pilih kartu selfie :D btw BCA emang TOP BGT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehe, Bunda ada-ada saja :D. wahaha, iyah, Bun, nggak terbiasa berselfie, jadinya milih desain tersendiri. myBCA top pakai bingit, kalau kata anak gaul :D

      Hapus
  16. Penjabaran informasinya runtun dan gamblang sekali mas :)

    Bisa jadi Duta BCA nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mbak Susi, sudah mengabaikan tata penulisan yang tidak benar dan lebih menilain baiknya saja. jadi terasa gitu, hihi.

      Haha, alhamdulillah, kalau bisa gitu, mbak :D

      Hapus
    2. Lha wong bagus gituh kok, dibilang nulisnya gak bener hehe
      Sukses terus ya :)

      Hapus
    3. Terima kasih sudah menghibur saya, Mbak. akan dijadikan sebagai penyemangat untuk terus memperbaiki lagi, lagi dan lagi. seterusnya :)
      Amin Ya Allah, begitu juga dengan Mbak Susi :)

      Hapus
  17. asyik, asyik, asyik.. lengkap sekali pejelasan tentang mesin video callnya itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat calon nasabah yang mau mencobanya, biar mendapat gambarannya, Mbak :)

      Hapus
  18. makin keren aajah bak BCA ya :D

    salam dari anak madura gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, Mas Febri, kecanggihan teknologinya mantap sekali myBCA :)

      Wah, pade, Mas, oreng Madure kia :D *tooosss

      Hapus
  19. liputannya komplit banget mas, eman2 kalo gak kesini.
    Tunggu apalagi kalau berbagai kemudahan perbankan bisa kita dapatkan di myBCA.
    Mari kita tunggu inovasi2 perbankan terbaru dari BCA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehe, matur nuhun, Mas, sudah mampir :)
      Yap, semua kemudahan dan kecanggihan teknologi perbankan itu bisa didapat di myBCA. kedepannya pasti makin mencengangkan :)

      Hapus
  20. sebelumnya sudah pernah menonton video Tahapan Xpresi BCA ini, dan untuk artikelnya tak kalah menariknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu yah, Mas, hehe. menariknya dari Tahapan Xpresi BCAnya, Mas :)

      Hapus
    2. Dan tentunya riview dari artikel yang anda buat.

      Hapus
    3. Hhehe, terima kasih atensinya, Mas Dani :)

      Hapus
  21. My BCA emang keren Mas. Pertama kalinya kesini selalu ingin tau semuanya. Habis mesin keren-keren sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mbak. nggak habis pikir, ternyata perkembangannya sudah melesat jauh. serba layar sentuh yang mengagumkan :D

      Hapus
  22. Makasih untuk rekomendasinya, sejauhnya saya masih terikat kontrak dengan Mandiri hehehe maybe next time mau nyoba MyBCA.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, Mas. monggo, perlu dipertimbangkan untuk mencobanya. bocoran saja dari saya, puas. hhehe :D

      Hapus
  23. mantep mas,,lengkap informasinya :), saya juga pengguna BCA dan suka dengan pelayanannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mas, sedikit saja gambarannya, selebihnya bisa didapat di gerai-gerai myBCA. tos dulu, Mas, toooossss :)

      Hapus
  24. mantap myBCA..memanfaatkan teknologi..apalagi penyajiaannya seperti inih..ditambah kart. Xpresi yg keren2..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, Mas, serba teknologi yang bikin nasabah merasa nyaman dan senang berlama-lama di sana. pilihannya banyak pula :)

      Hapus
  25. ijin blogwalking duu gan, gak sempet baca semua artikelnya tapi hehe, ntr saya lanjut lagi, sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, monggo-monggo, terima kaksih sudah mampir, sukses selalu juga yah :)

      Hapus
  26. Gileee... layanannya dan teknologinya oke banget... Konsumen jadi semakin dimudahkan....

    Ayo mas, rekeningnya diisi terus, nanti bisa buat tabungan nikah :D

    Btw, kalo teleconference sama mbak-mbak CS yg cakep-cakep, mungkin malah jadi salting dan nggak fokus, hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah, Mas. bikin geleng-geleng kepala, keren habis. hhaha. sangat dimudahkah :)

      088* barangkali mau dibantu, Mas, bahahaha. nyari kerja dulu buat itu :D

      Awalnya saya gitu, Mas, haha. tapi lambatlaun, mulai cair. mbaknya asik-asik, tidak kaku dan sesekali bercanda. suasana gak dibuat tegang pokoknya :D

      Hapus
  27. BCA memang menjadi salah satu bank idaman ya mas, semoga menang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai nasabahnya makin betah, Mas. pun juga nasabah baru pasti akan tertarik dengan layanan yang diberikan myBCA :). gak ada pemenang, Mas. bukan GA :D

      Hapus
  28. Salam pagi Mas Richo di edisi 15 oktober ini, semoga Mas Richo makin sukses
    Simak kemabli tentang BCA nya. tetap semangat dan berkarya. *salam ceria :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menikmati hari ini, Mas. begitu juga dengan Mas Saud, sukses selalu. Hehe, terima kasih yah, Mas. sip, akan selalu berupaya :) *salam ceria :))

      Hapus
  29. BERARTI ITU BISA NGOBROL LANGSUNG BERHADAPAN DENGAN CS NYA YA BANG, WAAAHH, KERENNN, ADA MUSIKNYA JUGA ? .... KOQ SAYA BARU TAHU YAH HEHEEE....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mas. kita berhadapan via video banking dengan CS yang langsung dari Jakarta :D. Musiknya mutar sendiri ah, hhaha.

      Hapus
  30. aku udah punyaaaaaa....ketjeh abis pokoknya!

    BalasHapus
  31. dimana mana ada post kaya gini,
    lomba ya mass??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, hasil liputan, Mas. dengan beberapa blogger, jadi kami pada nulis topik yang sama :D

      Hapus
  32. Wah, BCA ini emang keren ya.
    Inovasinya tiada henti dan selalu yang terdepan :D
    Btw, kalo CS-nya cantik2 gitu pasti semua pada betah ya, hahahah :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mas. Keren habis.
      Tujuannya memanjakan nasabahnya, hihi.
      Huahaha, saya merasa gitu, Mas :D :D

      Hapus
  33. MyBCA memang sangat mantap Mas, tapi lebih mantap lagi sang Admin nya, yang dengan rapi dan jelas dalam menyajikan tulisannya. sip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mas. Hhaha, Mas mah ada-ada saja. Mantapan yang ngomen dong *sungkem

      Hapus
  34. Semoga layanan ini bisa menghapus kesan kalau bank ini banyak dikenal bank capek antri yah Mas hehehe

    BalasHapus
  35. Misal gak punya NPWP tetep bole daftar ya? Apakah harus menandatangani dokument tertentu?

    BalasHapus