Hadiri kopdar jadi sebab tuk mudik lagi #ngaBLOGburit

“Ngapain bolak-balik ke Malang lagi?”

Pertanyaan yang terlontar dari obrolan saya dengan Mama di rumah, setelah beliau mendengar keinginan saya untuk berangkat kembali ke Malang. Sepengetahuan beliau mungkin tidak ada hal penting untuk dihadiri, apalagi waktu kepulangan saya sebelumnya terpaut beberapa hari saja. Tapi setelah saya coba jelaskan tujuan kembali ke Malang, beliau luluh dan mengijinkan. Yes, muka melas saya berhasil.

Mungkin ini juga mengherankan, bagi teman-teman yang sudah pernah baca postingan saya sebelumnya. Alah, memang ada, Cho? ada, kalau nggak percaya, coba deh lihat di sini (perhatian: itu hanya jebakan biar dibaca, abaikan saja). Tapi terima kasih banyak, bagi sahabat-sahabat blogger yang sudah mengucapkan “selamat” atas berkumpulnya saya di rumah, pada postingan sebelumnya itu. Saya waktu itu memang sudah mudik. Tetapi sekarang ini sudah kembali berada di Malang lagi :). 

*) dalam Bis di terminal Sumenep (alamat mudik lagi :D)

Jadi begini, memang kesalahan bukan dari apa yang kalian baca, tapi terletak di saya sendiri. Iyah, saya *rame-rame nimpukin toples beling

Alasan kembali ke Malang?
“Jujur saja yah, saya masih betah berada di Malang. Sejauh ini pun tidak pernah memiliki masalah dengan lingkungan tempat saya tinggal. Semua warganya baik, ramah dan layaknya berada di kampung halaman sendiri. Banyak pula kenangan semasa kuliah yang masih ingin saya rasakan dan lalui di sini. Sungguh, tidak mudah untuk melupakannya. Selagi masih ada kesempatan, kenapa tidak?!.”

Aiih, itu mah kamu curhat, Cho!, iyah, kan sama juga *ditimpuk lagi. Enggak-enggak, serius nih. Jadi saya pernah mendaftar untuk menjadi peserta NgaBLOGburit yang di Pabrik AQUA di Pandaan. Sebelumnya acara serupa sudah diadakan di Pabrik AQUA yang di Klaten. Berhubung lebih dekat dengan Pandaan, jadi saya mendaftar untuk ngaBLOGburit offline yang di Pandaan saja.

Oh iyah, mungkin teman-teman sudah pada tahu acara ini –terlebih para blogger blogdetik. Di mana acara ini rutin digelar setiap bulan Ramadhan oleh BLOGdetik, yang kali ini mendapat sponsor penuh dari AQUA. Sebentar, platform blogmu kan blogspot, bukan blogdetik?, benar, tapi masih punya kesempatan untuk hadir. Karena acara ini terbuka untuk semua blogger lintas platform.

Sejak mendaftar (lupa, tanggal berapa, hihi) saya sangat mengharap dapat mengikuti dan menjadi bagian dalam acara ini. Serius, ngarep nih, haha. Jadinya setiap ada waktu pasti ngecek email konfirmasi (bagi yang terpilih). Meskipun tiap hari buka email, tapi salah satu kotak masuk yang diharapkan dari pihak panitia NgaBLOGburit.

Malahan sempat tanya juga ke panitianya melalui email, apakah saya terpilih atau tidak. Lah gimana coba, kalau digantungin kan nggak enak banget. Benar tidak?, *sudah, diiyain saja. Tapi jawaban yang saya harapkan tidak kunjung ada. Sempat pesimis juga dengan batasan kuota yang hanya menyediakan untuk 100 peserta (blogger) saja.

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya email dari panitia yang bersubjek “KONFIRMASI & MEKANISME Pelaksanaan #ngaBLOGburit AQUA Pandaan”, pun diterima, tepat di waktu batas akhir pendaftaran, yaitu tanggal 17 Juli 2014 (sore hari). Puji syukur, saya terpilih dan mendapat kesempatan hadir juga. Yeyeye *sambil kayang. Tanpa berfikir lagi, saya dengan mantap ingin menghadirinya.

Yah, meski sempat bikin repot Mama di rumah menyiapkan bekal makan sahur selama di perjalanan dalam t*pperware.

“Bawak bekal”
“Nggak usah, Ma”
“Bawak, nanti tinggal makan!”.
“Nggak, gak usah”.
“Bawak, ini tak siapin”

Nggak ada yang mau ngalah, hihi. Ternyata perhatian orang tua luar biasa, yaah. Hhehe. Padahal saya kekeh sudah bilang untuk tidak perlu bawak. Karena khawatir tidak sampai kemakan juga. Lagi pula, gimana enaknya kalau makan sahur dalam Bis?. Daripada keselek, mendingan tidak perlu ribet bawak. Toh, puasa meski tidak sahur, kalau sudah niat pasti akan kuat. Betul, kan? ;). *kali ini semua pasti setuju.

Tapi beliau juga kekeh menyarankan saya bawa bekal. Sayapun tetap konsisten untuk tidak membawanya, hihihi. Jadi menghindari perdebatan yang ujungnya saya kalah dengan Mama, maka biar tidak sia-sia bekal yang dipersiapakan Mama tadi, tetap saya makan sebelum berangkat, sekitar pukul 23.42 WIB. Ini namanya sahur lebih awal yak, hhaha.

Eh tapi, memang benar loh, jam tiga dini hari saya masih dalam perjalanan. Waktu itu sudah mau menyebrangi jembatan Suramadu dan bahkan imsa’ masih baru mau menuju Bungurasih. Jadinya sahur tidak melakukan aktifitas apapun. Minuman yang saya bawak saja tidak disentuh sama sekali. Ingat Cho, tadi ‘kan sudah sahur duluan, niat juga sudah.

Saat itu saya sempat heran juga dengan penumpang lainnya. Lah kok anteng gitu, loh?. Nggak ada yang makan atau ngemil apa gitu, roti kek atau sekedar minum. Nggak ada. Suasana sahur sama sekali gak terasa. Untung saja tadi tidak bawak bekal. Kan nggak etis juga kalau makan sendiri, sementara yang lain tidak. Bahkan di sebelah saya, jam sahur tetap tidur pulas :D.

Baru jam 04.36 WIB, sampai di Bungurasih. Singat cerita, pukul 07.10 WIB, barulah menginjakkan kaki kembali di kosan, Malang. Semua itu, semata tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Karena bagi saya ngaBLOGburit ini akan sangat berkesan sekali. Dan, jadi pengalaman pertama kalinya ikut Kopdar bersama para blogger lainnya. Sudah pasti bela-belain berangkat khusus untuk menghadiri acara ini. Dan puji syukur dapat izin penuh dari orang tua dan keluarga di rumah.

Kenapa tidak langsung ke Pandaan?
Tidak, kalau berangkat dari rumah langsung turun depan pabrik, itu agak ribet ngatur waktu tibanya. Belum lagi macet di perjalanan. Alih-alih ngabuburit sama blogger, yang ada bisa-bisa saya ngabuburit sama penumpang Bis jurusan Surabaya-Malang saja, ngahaha. Oleh karena itu saya memilih ke kosan dulu, baru siangnya berangkat sama blogger Malang :D. Ok, ok, alasan utamanya, karena pihak panitia sudah menyediakan bus untuk memfasilitasi keberangkatan pesertanya.

Selain itu, pada saat mendaftar, saya juga sudah memilih opsi untuk ikut rombongan atau keberangkatan dari Malang, tidak dari Surbaya (untuk blogger Madura, Surabaya dan sekitarnya). Dengan pertimbangan lain, saya lebih mengenal lokasi Malang, dibandingkan lokasi keberangkatan dari Surabaya. Yehe, tapi saya blogger asli Madura *gak nanyak, Cho! *plak

Catatan: pada saat bikin postinganMudik pertama dan sahur bersama keluarga”, itu saya sedang makan bekal yang Mama siapkan, atau menjelang keberangkatan ke Malang. Sengaja saya kebut dan hanya dikit saja, karena kalau sudah lewat pasti nggak seru (nggak pernah seru, sih) kalau baru diposting setelahnya. Alasannya kenapa, kok keteteran?, sudah sering saya katakan. 

Ada satu lagi cerita buber bersama teman-teman SMK, juga belum saya angkat. Mungkin lain waktu –selama masih berada dalam bulan puasa–, insyaAllah akan saya ceritakan di sini. Maklum kalau lagi di rumah susah untuk Ngeblog. Alasannya kenapa?, arrggghhh, bosan, Cho!, dengar alasan mulu. Ok deh, gitu saja.

Oh iyah, mengenai keseruan ngaBLOGburit offline bersama AQUA di Pandaan, pada tanggal 19 Juli 2014, akan saya bahas di postingan berikutnya. Seru habis. Tapi mungkin kalau saya ceritakan ulang jatuhnya malah garing, muahaha. Tapi serius. Asli. Banyak blogger dari beberapa daerah, khususnya blogger Madura, Surabaya, Sidoarjo (ada Mbak Nunu juga, hihi), Malang, Bojonegoro, Kediri, dan yang tak disebut, maaf. Hhehe.


Richo A. Nogroho
Malang, 20 Juli 2014
Hai, sudah baca yang ini?

50 Komentar. Tambahkan juga komentarmu »

  1. Saya tunggu tulisan tentang ngabuburit blogger nya. Penasaran seperti apa. Kalo ada share foto nya juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iyah, Mas, nanti kalau sudah selesai tak publikasikan, belum mulai soalnya, hihi. foto ada beberapa, tapi ada yang nggak begitu jelas, soalnya kameranya tidak mendukung :D

      Hapus
  2. wah,,,seru nih ikutan ngablogburit,,aku awalnya juga udah daftar dan pengen ikutan,,berhubung aku jadi panitia bazaar ramadhan jadinya nggak bisa ikutan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru sekali, Mbak Dwi, pakai bingit, hihihi. wah sayang sekali jadi bentrok, mbak tiap hari gitu jaga standnya. tapi sama saja ngabuburit juga seru kan, mbak ;)

      Hapus
  3. Iks enggk ketemu mas :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeyeye, saya ketemu mbak Nunu, huhahaha :D.
      sadarnya pas CSR di padepokan itu, awalnya yakin gak yakin, tapi pas mbak ngajukan pertanyaan dan nyebutkan nama, lah itu yakin dah :D

      Hapus
  4. Bisa dibayangin serunya.. Heheh.. :D
    Aku jugak mau loh, Bang.. Sayang aja Medan-Malang itu terlalu jauh.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum diceritain, mbak Beb, tapi sudah bayangkan serunya, hihi, peace :D.
      Ayuk, dekat kok, MM jurusannya, dekat, hhaha *maksa. semoga suatu saat kita bisa kopdar bersama yak :)

      Hapus
    2. MM ya.. Hahah.. :D Makanya maen dongs ke Medan. :P
      Amiiiin..

      Hapus
    3. Haha, iyah, tapi bukan angkot MM yang di Malang. kalau itu MM itu jurusan Mulyorejo – Madyopuro :D. kasik ongkos dong, mbak Beb :D

      Hapus
  5. wah asyik juga tuh mas ngabuburitnya pasti seru banget deh itu .. namun syaang sekali belum ada di kalimantan hal yang kayak gitu :D dan salam kenal mas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, mas Nucky, seru dan menyenangkan sekali. wah gitu, mudah-mudahan para blogger bisa saling bertemu dalam ajang apapun nanti yah. salam kenal juga, Mas, terima kasih kunjungannya :)

      Hapus
  6. Wah asyik banget mas. Kalau rumah saya dekat saya pasti juga akan ikut mas.
    Tp sayang selama saya ngeblog saya belum pernah ada kopdar di daerah sumatra.. Hikz hikz hikz. . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, Mas Nady. andai saja lokasinya terjangkau jaraknya yah, Mas. plopori saja, Mas yang ngadakan kopdar sesama blogger regional sana, hihi. ngompori. serunya sekali soalnya kalau sudah ngumpul, Mas :)

      Hapus
  7. kemarin ikutan ngablogburit online aja sih. tapi gak menang mulu. hahaha
    semoga dapat banyak pengetahuan deh disitu ya. dan semoga menang juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ikutan yah, Mas, wah.. dicoba lagi saja, Mas. mungkin belum rezeki :)
      Banyak sekali pengetahuan dan pemahaman baru yang saya dapat, Mas. puji syukur, seru juga :)

      Hapus
  8. Penasaran sama gambar gambarnya, ditunggu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, Mbak El, insyaAllah akan saya ulas ceritanya. gambarnya banyak yang blur, Mbak, haha, maklum, kameranya :D

      Hapus
  9. beruntung bisa ikutan sam, penasaran suasananya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dapat kesempatan itu, Mas, jadi pengalaman pertama bagi saya :)

      Hapus
  10. aku malah ga pernah ikutan acara kopdar
    repotnya gini kalo jadi manusia hutan yang jauh dari peradaban hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru pertama itu, Mas. hihih.
      Cari makan jauh yah, nunggu pas Jum'atan ya, Mas Rawins :D

      Hapus
  11. Mantaabbbb...
    Segera share masbro...siap jadi reader-nya nih aq :D
    -----
    http://nyobamoto.com/2014/07/22/first-time-factory-visit-di-aqua-pt-tirta-investama-pandaan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhihi, iyah, Mas, insyaAllah tak posting, tapi belum tak garap, hihi.
      Waha, saya sudah baca itu ;)

      Hapus
  12. Bunda selalu luluh sama keinginan anaknya,
    cinta Malang, biar ga bolak balik dan ijinnya ribet sama Mama, tinggal cari orang Malang Cho *Mama pasti langsung setuju :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gitu, Mbak, selama alasan jelas dan tidak mengarah ke hal yang negatif, biasanya beliau akan mengijinkan.
      huahaha, Mbak bisa saja nih, hihihihi. jadi ada alasan kuat untuk bolak-balik yah, Mbak :D

      Hapus
  13. Hehe
    serunya kalo udah pada ngumpul ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, Mas, seru dan menyenangkan kumpul sama para blogger :)

      Hapus
  14. dari Jambi nggak ada ya mas Icho? hehehe wah wah kok perasaanku mas Icho anak mama ya *ya iyalah kwkwk* anak siapa coba hehe. selamat ya mas Icho sudah bisa ikutan acara kopdarnya, istimewa tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wua, ada, teman kos saya anak Jambi, pas di sebelah kamar, tapi sudah pindah, Mbak *eh, salah sambung, hihi. mayoritas dari blogger Jawa Timur saja, Mbak :). hahhaha, ini mah ngenyek :D, eh tapi, Mama kita kan sama, ingat, kita saudara yang tertukar. buahaha. terima kasih Mbak Amri, makasiiiiih ;)

      Hapus
  15. Pasti menyenangkan, mana foto-fotonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan sekali, Mas. nanti kalau sudah di posting, hhehe.

      Hapus
  16. kumpul banger sama para blogger, sharing tentang blog sambil ngabuburit, seru sekali ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu momen yang paling seru bagi blogger, Mas. dari obrolan di dumai dan kopdar, wah seru sekaliii, Mas :)

      Hapus
  17. Balasan
    1. Boleh, tapi acaranya sudah selesai, Mas :)

      Hapus
  18. sudah lama saya gak ikut ngumpul2 bareng teman2 blogger, smg habis lebaran kesampaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu, ayuk, semoga saya bisa bertemu sampean, Mas *sungkem :)

      Hapus
  19. Dan kemudian kita ngobrol2 ttg pekerjaan sebagai teller hahaha nice to meet you, richo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaha, benar, Win, banyak yang kita obrolkan, sampai nggak kerasa hampir sampai, ahahaha. iya itu, hahai. me too :)

      Hapus
  20. Asyik sekali ya Mas... blogger baru nih..pengin ngerasain kopdar dengan senior2.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benaran, Mbak, asik sekali :), waha, sama, saya juga junior, ayuk nanti kapan-kapan semoga bisa kopdar bareng :)

      Hapus
  21. Enaknya kalau di Indonesia bisa mudik. Hmm, jagi pengin cepat pulang & kopdaran bareng teman-teman blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudik dong, Mas, balik ke Indonesia, bentar lagi lebaran, hihi. nanti kopdar :)

      Hapus
    2. Doanya saja, Mas. Insya Allah dua bulan lagi.

      Hapus
    3. Wah, dua bulan lagi, Mas?, iyah, semoga berjalan lancar, sesuai rencana dan bisa segera ngumpul bersama keluarga di rumah. pasti mereka sudah kangen berat :)

      Hapus
  22. WOW, keren bingit....ulasannya sangat lengkap ;)

    http://potretbikers.com/2014/07/19/jatimotoblog-goes-to-factory-aqua-with-blogdetik-aqua/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masih edisi curhat, Mas, haha. selalu gitu sih :D
      wa, jadi kita sama-sama ya ke sana?, saya sudah baca juga :)

      Hapus
  23. :( aku nggak pernah dibawain bekal sama emak | #malahtsurcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehe, sini Mas, saya siapkan *istri sholeha *eh :D

      Hapus